Beranda » Blog » Kasihan: Ikan Cupang Jangan Cuma Ditaruh di Dalam Aquarium Saja

Kasihan: Ikan Cupang Jangan Cuma Ditaruh di Dalam Aquarium Saja

Diposting pada 19 March 2022 oleh Pusat Aquarium Murah / Dilihat: 106 kali / Kategori:

Ikan Cupang

Betta Fish alias ikan cupang merupakan salah satu ikan hias paling kondang dengan harga merakyat. Bukan alang kepalang ikan cupang ini sangat dicintai karena memiliki berbagai bentuk rupa dan corak. Ada berlimpah pilihan dalam memilih ikan cupang yang umumnya diklasifikasikan sesuai dengan warna, pola dan jenis ekor.

Dengan bertambahnya umur baik itu bapak-bapak ibu-ibu semua yang ada disini (loh kok jadi nyanyi), ataupun anak-anak sangat menyukai salah satu jenis ikan hias air tawar ini. Wajar saja dan natural jika anak meminta orang tua untuk mengizinkannya untuk merawat hewan peliharaan. Namun, jika ternyata anak memiliki alergi terhadap rambut atau bulu binatang, maka Anda harus pintar untuk memilih jenis hewan peliharaan yang baik.

Walaupun bukan ikan paus yang besar banget dan tinggi rupiah, harga ikan cupang termahal saat ini juga bisa mencapai jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta loh, contohnya ikan cupang kanchen worachai yang mirip bendera thailand, karena mahalnya ini hewan ini bisa jadi buka sekedar hobi saja, tapi juga bisa menjadi aset investasi kedepannya, tuh kan sekarang pasti jadi mikir lagi kan!

Iwak cupang ini walau kecil sangat populer karena kemolekannya ( jadi inget renata moeloek ), tapi juga ada yang sangar loh, ada jenis jenis yang tadinya terlihat pendamai tapi pas di campur mulai deh terlihat pandai berantem, tapi anak baik jangan suka mengadu ikan cupang y, kasihan piss!!

Betta Fish juga memiliki buntut serta sirip yang menawan dari kepala sampai ekor pasti akan membuat anak-anak tertarik.

Walaupun bentuknya kecil tapi tidak disangka bahwa jika Ikan cupang dapat mendobrak pasar ekspor Asia ke Amerika dan Eropa? Bahkan, ikan cupang tersohor dengan label ekonomis adakalanya lebih mudah di dapat pada penjual ikan di pinggir jalan daripada toko ikan.

Betta Ikan atau juga disebut Betta Fish (Betta Splendens), kalau lebih besar lagi namanya iwak bandeng dan itu enak banget di makan, telah lama menjadi favorit Aquaris cek artinya di wikipedia sebutan untuk penghobie aquarium, bahkan bagi mereka yang sudah kompeten. Namun, terlepas dari popularitasnya di panggung hobi ikan, tidak sedikit orang belum memahami bagaimana cara memelihara ikan hias cupang betta sp. ini dengan benar, dibawah ini ada sedikit ulasan, jika kurang lengkap, lain waktu akan saya tambahkan lagi okey.

 

Kelompok Ikan Cupang Hias:

  1. Halfmon Betta Fish (Cupang Moon Fish)
  2. Ikan ekor ganda Cupang
  3. Betta Slayer
  4. Cupang Serit (Ekor Mahkota)
  5. Ikan Cupang Mewah, bentuknya indah dan enak di pandang fancy

Kelompok Ikan Cupang Petarung:

  • BETTA Imbelis (tubuh silinder warna hijau atau biru tua)
  • Betta Fish Mahachai
  • Betta Splendens
  • Betta fish plakat

 

Kalau kamu cari jenis hiasnya, kunci pikat ikan cupang ini ada di bentuk yang menarik, lucu, dan ragam warna yang mencolok, saya yakin kamu punya insting yang luar biasa, terlihat dari cara kamu baca sudah sejauh ini, pasti kamu itu senang yang detail detail.

Bukan itu saja, fauna ini tidak seperti ikan-ikan lain apalagi ikan predator yang harus komplit filter dan makannya juga buanyakk banget, beda banget deh, mengurus cupang hias relatif gampang dan ga sulit sulit amat kok.

Akan tetapi, sanking mudahnya merawat ikan ini, tanpa di sadari kita sering banget melupakannya, kamu sadar ga ya, kamu tuh jahat !!

Seandainya cuma di taruh saja dalam wadah aquarium dan tidak dirawat dengan baik, sirip dan ekornya bisa rusak, lama lama ikan jadi sering diam, imunnya turun, lalu ah sudahlah, sedih menulisnya.

Jadi, Anda harus tetap berhati-hati! bagaimana anda bisa memelihara ikan adu cupang ini kalau cuma di taruh saja di dalam aquarium, kasihan loh ?

Nah, bagi Anda yang hobi dan mau memulai memelihara ikan cupang dalam aquarium, ikuti bagaimana menjaga ikan laga di bawah ini!

 

  • Hati-hati ketika memindahkan ikan cupang ke dalam wadah yang baru
  • Jaga kualitas air dan temperatur suhu
  • Pilih ukuran wadah yang sesuai, tidak perlu terlalu besar atau kecil
  • Berikan garam secukupnya
  • Memahami Temperamen Ikan
  • Pastikan Anda secara teratur membersihkan wadah
  • Perhatikan banyaknya air
  • Perhatikan kebutuhan makanan
  • Menjemur di luar agar kena matahari
  • Perlakukan ikan betta jika dia terlihat lesu atau tidak sehat

 

Ikan Cupang Kok Bengong Saja

Pertanda paling sering tatkala ikan cupang ini menjadi sakit umumnya hanya diam saja dan malas bergerak bukan bengong yah, ikan juga bisa mikir kok tapi ga tahu mikir apa, hehe. Tetapi ada sejumlah pertanda lain yang memberitahukan indikasi lainnya bahwa ikan cupang ini lagi sakit, misalnya:

  1. Penurunan nafsu makan – makanya ikan jangan di puasain terus 🙂
  2. Pembengkakan perut – bukan hamil, ini cowok buka cewek
  3. Kulit atau sisik meradang tipis dan warna jadi memudar – kebanyakan di kerok makanya jadi tipis
  4. Menggesakan tubuh di atas batu – kegatelan banget yak ini ikan
  5. Sirip menempel di samping – maksudnya itu di jepit

Untuk cara mengobati ikan cupang yang sakit, Anda bisa memberikan beberapa tetesan metilen biru (mathyline blue), garam ikan hias (bukan garam dapur, kenapa karena ga murni dan mengandung yodium), pomate serta obat tetra clorine secukupnya.  Oh ya pomate itu juga ada jenis-jenisnya, biasanya orang bilang pomate singapur ( bungkusnya biasanya bewarna kuning), adalagi pomate jepang atau elbayu tapi umumnya ini untuk koi.

Cara pakai pomate garam atau tetra clorin bisa dengan cara di campur langsung dalam aquarium atau di aduk dulu dalam wadah sampai larut baru di campur kalau langsung takutnya ikan jadi puyeng muter muter, hehe. 

 

Tapi inget man teman, obat itu hanyalah membantu mati atau hidupnya itu urusan Tuhan Yang Maha kuasa, jadi jangan di salahin dan mencak mencak sama penjualnya, lalu kasih rating jelek dan hadeuhh panjang deh. Kalau hidup alhamdulillah, seandainya sampe perlu di opname dan amit amit koit, bersabar yah, dan jangan terlalu meratapi, btw kalau butuh temen, call aku aja, nanti aku temenin yah, hehe.

Umumnya nih seseorang yang ingin merawat ikanhias dan awalnya hanya sekedar iseng seperti kamu ( iya kamu!! ) atau mengisi masa luang dapat menjelma menjadi hobi yang keterusan and bahkan dapat menghilangkan tekanan tinggi atau stress setelah sibuk seharian beraktifitas

Ok next lain waktu saya tambah lagi y artikelnya. Saya doakan deh, semoga hobi ini bisa membantu menghilangkan penat dan memberikan hiburan yah, senang senanglah kamu di dunia ini, karena nantinya di akhirat semua akan diminta pertanggungjawabnya bahasanya kedalaman yah, tapi gpp yah kita friend yang selalu mengingatkan

Tetap semangat ya di masa pandemi ini, yang lagi ada ujian dan cobaan semoga Allah segera mengangkat semua kesulitanmu, dan memberikan jalan keluar yang tidak di sangka sangka, aamiin

Ok terima kasih telah membaca, jangan lewatkan artikel artikel yang lainnya, okey.. love and piss !!

Pusat Aquarium Murah

( aku disini untuk menemanimu )

Tags: , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Kasihan: Ikan Cupang Jangan Cuma Ditaruh di Dalam Aquarium Saja

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Kasihan: Ikan Cupang Jangan Cuma Ditaruh di Dalam Aquarium Saja

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

CS Adi
● online
CS Adi
● online
Halo, perkenalkan saya CS Adi
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: